Jangan Terlalu Mengekang Anak - Kang Aan Wasi (Hadi Setiawan)

Situs blog informasi yang dikelola oleh Kang Aan Wasi (Hadi Setiawan).

Jumat, 07 November 2014

Jangan Terlalu Mengekang Anak

Jika Anda adalah Orang Tua/ Kaka, yg mempunyai Anak/ Adik untuk di urus. Maka janganlah terlalu mengekangnya karna jika Dia merasa terlalu di kekang akan timbul kebrontakan
Mungkin Sya belum punya Anak/ tidak punya Adik tapi ini adalah kenyataan yang pernah Saya alami dan Teman-teman Sya alami (Lah, klo belum punya Anak/ Ga punya Adik ko berbicaranya seperti itu.? Apa yg u tau klo u belum punya Anak/ ga punya Adik) Mungkin dalam Hati Anda berbicara seperti itu tapi karna Sya pernah mengalaminya dan Teman-teman Sya pernah Curhat ke Sya maka Sya tau itu
Anda boleh mengatur Anak/ Adik Anda karna itu adalah Hak Anda bukan Hak Sya tp janganlah terlalu mengekangnya dan kasihlah waktu untuknya berbesas tp tetap dalam pengawasan Anda

Anak Terkekang Maka Keberontakanlah Yang TerjadiAnak Terkekang Maka Keberontakanlah Yang Terjadi

Sekedar Cerita:
Sebut saja Namanya Aan, seorang Anak SMP dan Anak Bungsu. Hidupnya selalu di atur Keluarganya, sekian Bulan Dia selalu di atur tapi Dia tetap menjalaninya namun saat Dia merasa terkekang Dia langsung berfikir "Gimana caranya w bisa bebas meskipun hanya beberapa Hari/ jam. Lama-lama bisa stres nih w kalo kaya gini mulu mah".
Akhirnya Dia memutuskan berangkat ke Sekolah lebih awal dan pulang Sekolah aga lama supaya Dia punya waktu main. Disitulah Dia mulai bandelnya tapi Dia tetap berfikir untuk tidak keluar jalur (tetap patuh Agama) "Walaupun w kaya gini tapi w harus taat Agama dan harus tetap belajar, supaya selalu dilindungi oleh-Nya dan berguna untuk nusa dan bangsa" Dalam Hatinya berkata seperti itu.
Semua barang haram udah Dia ketahui tapi Dia tidak mau sampai menggunakannya karna itu bisa merusak akal sehatnya dan tidak berguna untuknya. Disaat Dia melihat Keluarganya selalu ribut dan Dia selalu jadi sasaran kemarahan Keluarganya Dia selalu ingin melawan namun apa daya karna Mereka adalah Keluarganya. Sesekali Dia keluar malam untuk mencari teman dan menambah wawasannya dalam kehidupan, disitu Dia mulai merokok "Terakhir kali w ngerokok pas kelas 6 SD tapi w puyeng ngeliat Keluarga w kaya gitu eh ketemu Kalian lagi ngerokok jadi kepengen w. Hahaha" Ucapannya kepada Teman nongkrongnya.
Hanya Engkaulah yang mengetahui semua isi HatikuHanya Engkaulah yang mengetahui semua isi Hatiku
Dia selalu berfikir untuk kabur dan menjalani Hidupnya Sendiri tanpa ada kekangan dan ocehan dari Keluarganya yg ga terlalu masuk akal. "W begini bukan gara-gara pergaulan tapi gara-gara Kalian. W pengen pergi dari Rumah ini dan w ga mau kembali lagi kesini tapi w mau kemana.? W mau ngapain kalo w pergi.? Adakah nanti yang nyariin w kalo w pergi.? W bakalan nelesaiin masalah dengan kabur atau w bakalan nimbulin masalah baru nantinya.? Selalu terfikirkan dari dulu sampai sekarang.

Mungkin dari sedikit Cerita diatas bisa menggambarkan KEKEKANGAN dalam Hidup dan Sya harap Anda tidak terlalu mengekang Anak/ Adik Anda. Bukan Anda yg merasa terkekang tapi Anak/ Adik Anda yg merasakannya. Mungkin menurut Anda mengatur Anak/ Adik itu untuk kebaikannya (emang benar) tapi kasihlah Dia kebebasan walau hanya sebentar.!
Kalian memilih mengatur sewajarnya atau mengkekangnya dengan berlebihan dan akhirnya Dia memberontak.? Pikirkanlah.!
Anda tidak boleh mengekangnya dan Anda juga tidak boleh terlalu memanjakannya karna itu smua salah. Sewajarnya saja jika Anda ingin mengatur dan sewajarnya saja jika Anda ingin memanjakannya.!

Author: Aan Wasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak